Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Cara Daftar Internet Banking Mandiri

Asslamu alaikum sahabat blogger kali ini saya akan mencoba membagikan artikel terbaru mengenai Cara Daftar Internet Banking Mandiri. Fasilitas internet banking Mandiri memungkinkan para nasabah untuk melakukan transaksi di mana saja. Di era internet seperti sekarang, fasilitas ini menjadi favorit banyak orang. Bagaimana tidak, dengan internet banking kamu bisa melakukan hampir semua transaksi perbankan, mulai dari transfer uang, berbelanja online, mutasi rekening, cek saldo rekening hingga pembayaran tagihan seperti tagihan telpon rumah, pembayaran listrik, air maupun tagihan internet.

Untuk melakukan pendaftaran internet banking mandiri pada dasarnya terdiri dari tiga tahap utama, yaitu melakukan pendaftaran melalui mesin ATM, melakukan aktivasi serta membeli token PIN agar anda bisa melakukan transaksi online.

Langkah Cara Mendaftar Internet Banking Mandiri


Dimulai dari tahap pertama, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, anda bisa langsung mendatangi kantor Bank Mandiri atau lebih praktis melalui mesin ATM. Jika melalui ATMagai , maka langkah aktivasi nya adalah sebagai berikut.

  1. Masukkan kartu debitmu ke mesin ATM dan tekan PIN.
  2. Pada menu utama, pilih “Transaksi Lainnya”, lanjutkan dengan pilihan “E-Banking”, lalu “Internet Banking”.
  3. Selanjutnya tekan enam angka sebagai PIN. Enam angka ini akan digunakan dalam membuat akun internet banking-mu nanti.
  4. Tekan “BENAR”, lalu masukkan PIN sekali lagi. Tekan “BENAR” lagi.
  5. Jika pendaftaran berhasil, akan ada tulisan di layar ATM yang menyatakan pendaftaran berhasil. Bukti pendaftaran pun akan keluar dari mesin ATM.

Setelah melakukan pendaftaran melalui mesin ATM, maka rekeningmu sudah terdaftar dalam fasilitas internet banking Mandiri. Namun anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu dengan cara berikut

  • Pastikan koneksi internetmu lancar, lalu buka aplikasi internet di laptop atau telepon selulermu.
  • Masuk ke laman www.ib.bankmandiri.co.id/ dan klik pilihan “Pengguna Baru/Registrasi Ulang”.
  • Klik “Setuju” setelah kamu selesai membaca syarat dan ketentuan Mandiri Internet.
  • Pada kolom “Access ID”, masukkan enam belas digit nomor kartu debitmu. Kalau anda melakukan pendaftaran melalui e-mail, masukkan access ID yang dikirim ke alamat e-mail yang kamu gunakan saat daftar.
  • Pada kolom “Access Code”, masukkan enam angka yang kamu gunakan saat kamu mendaftar di mesin ATM.
  • Ketik “Aktifkan”, maka akan muncul kolom user ID dan passsword.
  • Masukkan user ID yang ingin kamu gunakan dan password-nya. Keduanya akan kamu gunakan setiap kali kamu masuk ke akun internet banking-mu. Jadi  pastikan anda selalu mengingat user id dan apasswordnya dan jangan pernah sekali-kali memberikan password tersebut kepada orang lain.


Setelah anda melakukan tujuh langkah di atas tentang cara daftar internet banking mandiri dengan tepat dan benar, maka kamu sudah dapat masuk ke akunmu dan mengecek informasi rekening seperti jumlah saldo dan mutasi rekening. Namun, kamu belum bisa melakukan transaksi online seperti melakukan transfer, berbelanja online, dan membayar tagihan listrik.

Untuk bisa menikmati fasilitas transaksi online, maka anda harus mengikut langkah-langkah beriktut:

  1. Datang ke kantor Bank Mandiri terdekat untuk membeli token PIN. Bawa syarat yang dibutuhkan seperti buku tabungan, kartu identitas, dan surat kuasa jika kamu mewakili organisasi atau badan usaha.
  2. Mengisi formulis pendaftaran token PIN yang diberikan oleh petugas bank.
  3. Lakukan pembayaran token PIN senilai Rp20.000 atau tergantung pembayaran yang diberikan oleh pihak bank
  4. Setelah mendapatkan token PIN, kamu bisa melakukan aktivasi melalui akun internet banking anda.
  5. Di akun internet banking, pilih menu “Administrasi”, lalu pilih “Aktivasi Token PIN Mandiri”.
  6. Tekan tombol merah di token PIN kamu, lalu masukkan enam angka PIN tokenmu.
  7. Pada layar akan muncul tulisan “Apply”, tekan angka 2, lalu di layar token akan muncul enam angka.
  8. Masukkan enam angka di layar token ke dalam kolom di laman internet banking kamu, lalu pilih atau tekan “benar”.
  9. Pengaturan PIN token pun selesai. Maka kamu sudah dapat menggunakan tokenmu untuk mendapatkan one time password setiap kali kamu melakukan transaksi online.

Jika kamu masih bingung tentang penggunaan token PIN ini, kamu tidak usah khawatir karena daalam setiap pembelian token PIN baru akan terdapat buku panduan yang menjelaskan langkah penggunaan token PIN dengan cukup jelas.

Demikianlah artikel kali ini mengenai Cara Daftar Internet Banking Mandiri semoga dapat memberi manfaat bagi teman-teman semua yang ingin mendaftar internet banking dan cukup sekian post artikel saya dan sampai jumpa pada artikel lainnya sekian dan terimakasih.

2 Responses to "Cara Daftar Internet Banking Mandiri"