Cara Kalibrasi Baterai Android

Cara Kalibrasi Baterai Android  - Pada Hanphone android sering sekali kita merasa baterai yang lebih cepat lowbet padahal baru saja kita melakukan cas hal ini bisa saja karena beberapa faktor baik itu fasilitas internet yang aktif secara tersu menerus maupun memang baterai anda mengalami masalah dan perlu melakukan tindakan kalibrasi.

Cara Kalibrasi Baterai Android

Kembali pada pembahasan tentang kalibrasi baterai android, Baterai yang cepat habis adalah salah satu masalah terbesar bagi pengguna smartphone. Jika sobat Harian Tekno merasa bahwa performa baterai dan durasinya menurun, inilah saatnya untuk melakukan kalibrasi baterai. Kali ini saya akan menjelaskan secara rinci apa yang dimaksud dengan kalibrasi baterai pada perangkat Android dan bagaimana melakukannya.

Salah satu tanda yang paling jelas adalah ketika baterai ponsel cepat habis atau perangkat tidak bisa di cas. Pengguna yang mengalami masalah ini mungkin berfikir kalau baterai pada ponselnya telah mengalami kerusakan, maka dari itu saya sarankan untuk coba melakukan kalibrasi baterai dengan cara dan prosedur yang benar.

Sistem operasi Android memiliki pengaturan yang disebut Battery Stats yang menunjukkan kapasitas baterai saat kondisi penuh atau kosong. Masalahnya adalah terkadang Battery Stats rusak sehingga menampilkan data yang tidak benar, ini menyebabkan ponsel mati sebelum mencapai 0%. Proses kalibrasi baterai akan memperbaiki informasi tersebut.

Adapun cara kalibrasi batreai pada hanphone android akan saya bagikan dengan 2 cara atau 2 langkah yaitu dengan menggunakan akses root dan juga dapat dilakukan kalibrasi walaupun hanphone anda tidak dalam keadaan root. Adapaun langkah nya yaitu sebagai berikut :

CARA KALIBRASI BATERAI ANDROID TANPA ROOT


Tahap Pertama :

  1. Tahap pertama kita harus memeriksa kapasitas baterai, yang dapat kita lihat pada baterai atau dengan mencari spesifikasinya di internet.
  2. Kemudian Instal applikasi Current Widget Battery Monitor
  3. Aplikasi ini akan menunjukkan daya baterai dalam milliamps (mAh). Charge ponsel kamu selama waktu yang diperlukan sampai mencapai jumlah total milliampere sesuai spesifikasi baterai kamu.
  4. Ketika jumlah yang diperlukan sudah tercapai, matikan ponsel dan restart. Sekarang baterai sudah penuh 100% dan secara teori seharusnya tidak bermasalah lagi.


Tahap kedua yang dapat anda lakukan adalah :

  • Tapahp pertama silahkan anda Isi penuh baterai anda dalam keadaan ponsel menyala, bila ponsel sudah terisi penuh, cabut charger dan matikan ponselnya.
  • Ketika ponsel kamu mati, hubungkan ke charger dan biarkan terisi sampai 100% lagi. Lampu LED hijau menunjukkan kalau proses pengisian sudah selesai.
  • Langkah selanjutnya cabut charger, hidupkan ponsel dan atur layar ponsel agar terus menyala. Kemudian pasang kembali ke charger dan tunggu sampai terisi 100% lagi.
  • Setelah terisi 100%, cabut charger dan biarkan sampai ponsel mati sendiri setelah mencapai level baterai 0%. Setelah mati, isi lagi sampai penuh. Pengaturan layar dikembalikan pada settingan normal lagi.


CARA KALIBRASI BATERAI ANDROID DENGAN AKSES ROOT


Cara 1 :

  • Langkah Pertama silahkan anda instal aplikasi Battery Calibration
  • Kemudian hubungkan perangkat kamu dengan charger sampai baterai penuh 100%.
  • Setelah itu buka aplikasi Battery Calibration dan periksa jumlah 'mV' yang ada di sebelah persentase, akan terlihat bahwa indikator angkanya akan terus meningkat. Charge terus baterainya meskipun angkanya terus naik bahkan jika baterai sudah 100%.
  • Ketika angka berhenti naik dan baterai terisi 100%, tekan tombol Kalibrasi baterai kemudian restart. Level saat ini akan dicatat sebagai titik kapasitas maksimum dan informasi lama dihapus dari statistik baterai ketika data yang baru telah dibuat.


Cara 2 :

  1. Silahkan kamu massuk ke recovery mode pada Android kamu dan arahkan ke advanced section di mana kita akan menemukan opsi "hapus statistik baterai". Ini akan menghapus kalibrasi yang sebelumnya dilakukan baik oleh pengguna atau ketika telah diinstal ROM.
  2. Kedua, kamu harus sepenuhnya menguras baterai kemudian menghubungkan ponsel ke charger. Pengisian harus dilakukan tanpa gangguan dengan keadaan mati.
  3. Ketika mencapai 100%, hidupkan lagi tanpa mencabut charger kemudian buka aplikasi Battery Calibration. Klik tombol tengah, yang akan meminta izin SuperUser, klik accepted. Tak lama setelah itu akan muncul pesan yang mengatakan kalibrasi "berhasil". Silahkan Tekan OK, lepaskan perangkat dari charger dan silahkan anda tutup aplikasi.


Demikianlah Cara Kalibrasi Baterai Android semoga dapat memberi manfaat kepada teman-teman sekalian dan jangan lupa berikan komentar dan sering mampir pada blog saya sekian dan terimaksih serta selamat mencoba tips kali ini, wassalam.

0 Response to "Cara Kalibrasi Baterai Android"

Post a Comment