Aplikasi Perekam Layar PC

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membagikan artikel kepada teman-teman mengenai Aplikasi Perekam Layar Pc. Saat ini perekam layar pc merupakan aplikasi yang sangat dicari oleh sebagian banyak orang terutama yang sering melakukan video tutorial baik itu untuk kesenangan pribadi maupun untuk kebutuhan yang sifatnya komersil. 

Sebelum terlalu jauh melangkah saya akan menjelaskan terlebih dahulu kepada teman-teman tentang apa itu perekam layar. Perekam layar atau biasa disebut dengan Screen Recording adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk merekam layar komputer saat kita memerlukannya untuk kebutuhan tertentu, misalnya seperti saat ingin merekam proses editing yang sedang kita lakukan di PC, untuk merekam game yang sedang kita mainkan, untuk merekam aktivitas kamu yang nantinya bisa kamu jadikan sebagai video tutorial, ataupun untuk kebutuhan lainnya. Dengan aplikasi-aplikasi ini anda jadi bisa cara membuat tutorial video yang sifatnya lebih profesional.

Sebenarnya sangat banyak yang beredar di dunia maya berbagai macam aplikasi perekam layar pc baik itu yang bersifat free atau bebas tanpa bayar maupun yang bersifat pro alias berbayar. Namun baik itu yang bersifat free maupun pro memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. 

Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas tentang aplikasi yang bersifat free saja tanpa perlu modal untuk bisa merasakan kualitas video dan seolah-olah anda adalah seorang profesional dalam melakukan rekam layar. Namun beberapa kelebihan dan kekurangan perekam video gratis itu diantaranya seperti ada atau tidaknya fitur live capture, pemberian watermark dan pilihan editing video serta sinkronisasi ke akun YouTube dan masih terdapat beberapa fitur-fitur lainnya.

Yang perlu anda ketahui juga video hasil dari Screen Capture ini nantinya bisa kamu posting ke media sosial seperti Facebook ataupun diunggah ke channel YouTube kamu. Berikut ini daftar sofware Screen Recording atau perekam layar untuk pc yang bisa teman-teman miliki secara gratis dan gunakan dalam hal rekam layar pc anda. 

Aplikasi Perekam Layar Pc


Adapun beberapa jenis aplikasi perekam layar pc yang dapat menjadi rekomendasi bagi teman-teman yaitu sebagai berikut :


1. XSplit Gamecaster

Aplikasi Perekam Layar Pc

Keunggulan dari aplikasi XSplit Gamecaster adalah menawarkan fitur streaming yang kuat. XSplit mampu menayangkan streaming ketika kita sedang bermain game dengan lancar dan sangat stabil. Kamu dapat mulai merekam dengan menekan satu tombol saja. Menariknya, XSplit Gamecaster  akan mengonfigurasi pengaturan yang sesuai dengan laptop yang kamu gunakan. Sangat menarik bukan dan patut buat teman-teman coba khususnya bagi anda yang ingin membuat sebuah tutorial tentang gaming pasti akan booming. 


2. Open Broadcaster Software (OBS)


Aplikasi Perekam Layar Pc

Aplikasi Open Broadcaster Software ini sering juga disingkat dengan OBS adalah salah satu aplikasi perekam layar pc terbaik. OBS ini bersifat Open Source dan multi-platform, jadi kamu dapat memasangnya dimana saja baik itu pada Windows, OSX, ataupun GNU/Linux. Dengan aplikasi ini kamu dapat menggunakannya untuk merekam sebuah video ataupun broadcast video ke berbagai situs online secara langsung atau secara live streaming 

Tampilan Interface penggunanya pun sangat sederhana, tetapi memiliki banyak fitur. Seperti merekam desktop, merekam suara dari internal microphone ataupun external microphone, merekam webcam bawaan, ataupun merekam webcam external. Dan yang lebih bagusnya lagi kamu dapat memodifikasi secara langsung dengan mengatur area seleksi rekaman dan bahkan dapat menambahkan text ataupun gambar pada saat live streaming kamu. Serta kamu dapat menyimpan hasilnya ke dalam bentuk format MP4 ataupun FLV.

3. Ezvid Video Maker

Aplikasi Perekam Layar Pc


Ezvid Video Maker adalah salah satu software screen recording terbaik yang digunakan pada sebuah pc dengan sistem operasi berbasis windows. Cara merekam layar desktop dengan hanya beberapa klik saja kamu sudah dapat merekam layar komputer anda untuk membuat sebuah film dengan resolusi tinggi. Aplikasi Ezvid Video Maker juga  memungkinkan kamu untuk merekam layar pada daerah layar tertentu atau berdasar daerah layar yang sudah kamu seleksi sebelumnya. Kamu juga dapat menambahkan judul, deskripsi maupun kata kunci dan meta info lainnya pada hasil rekaman video anda. Bagaimana tertarik untuk menggunakannya silahkan download aplikasi nya dan aplikasi ini bersifat free alias tanpa bayar. 

Demikianlah artikel kali ini mengenai Aplikasi Perekam Layar Pc semoga dapat memberi manfaat bagi teman-teman sekalian khususnya yang sedang mencari berbagai referensi tentang aplikasi screen recording untuk sebuah pc dan akhir kata cukup sekian artikel ini dan terimakasih telah membaca artikel saya ini serta sampai jumpa pada kesempatan yang lain wassalam.

0 Response to "Aplikasi Perekam Layar PC"

Post a Comment