Cara Upgrade Android Samsung

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Upgrade Android Samsung. Perkembangan OS Android dari tahun ketahun memang semakin pesat, setiap vendor atau perusahaan pasti akan memberikan upgrade OS asalkan smartphone yang mereka pasarkan mendukung sistem operasi terbaru tersebut. Samsung menjadi salah satu vendor besar yang menyediakan upgrade sistem operasi Android pada ponsel yang mereka pasarkan dan apabila anda memiliki HP Android Samsung dan ingin tahu Cara Upgrade OS Android, silahkan anda simak baik-baik artikel ini

Cara Upgrade Android Samsung

Tujuan dari upgrade OS (sistem operasi) adalah untuk memperbaiki kinerja dan ke stabilitas pada sebuah smartphone yang dikarenakan ada bug ataupun kesalahan yang terdapat pada sebauh sistem operasi sebelumnya. Selain itu perkembangan OS Android akan menawarkan fitur-fitur terbaru dan peningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut sehingga perlu dilakukan adanya upgrade OS secara terus menerus untuk menjaga kinerja smartphone android agar tetap stabil.

Namun yang perlu anda ketahui bahwa tidak semua handphone Samsung akan mendapatkan Upgrade OS Android, karena keterbatasan spesifikasi yang digunakan pada smartphone tersebut. Bagi anda yang membeli HP Samsung dengan tahun produksi diatas 2014, anda bisa merasakan update OS Android Kitkat, bahkan Android Lollipop untuk tipe tertentu.

Cara Upgrade OS Android pada HP Samsung juga relatif mudah dan tidak ribet jika dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, karena Samsung sudah menyediakan beberapa fitur dan aplikasi yang akan memudahkan penggunanya. Bagi anda yang belum tahu bagaimana Cara Upgrade Android Samsung maka disini saya akan membagikan tips nya kepada anda.

Cara Upgrade Android Samsung


Untuk mengupgrade os nya maka di perlukan tiga cara yaitu upgrade dengan menggunakan kabel dan yang kedua yaitu dengan OTA atau tanpa kabel serta dengan mengunjungi secara langsung samsung service center untuk lebih jelasnya silahkan baca langkah-langkahnya berikut

1. Upgrade OTA (Over the Air) tanpa kabel


Cara yang pertama adalah dengan melakukan upgrade langsung dari Smartphone secara OTA (Over The Air). Cara ini merupakan cara termudah karena tidak perlu menggunakan komputer dan kabel namun anda harus menggunakan koneksi internet untuk melakukan pembaharuan OS Android pada handphone anda, dan untuk cara upgrade OS Android lewat OTA langkahnya adalah sebagai berikut

  • Masuk ke menu Settings atau pengaturan pada ponsel anda biasanya berlambang obeng dan tang
  • Selanjutnya setelah masuk pada menu pengaturan silahkan anda pilih More
  • Kemudian langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu pilih About device biasanya terletak pada bagian bawah
  • Selanjutnya langsung anda pilih Software update lalu klik update
  • Dan tunggu beberapa laama hingga ponsel anda selesai di upgrade namun yang perlu anda ketahui bahwa biasanya proses upgrade bentuk ini membutuhkan kuota yang besar karena file yang didownload cukup besar serta pastikan koneksi internet anda lancar dan stabil agar proses upgrade berjalan dengan lancar dan usahakan anda mengupgrade menggunakan wifi.

2. Upgrade Menggunakan Komputer Dengan Bantuan Kabel


Cara Upgrade sistem operasi android Samsung jenis ini yaitu dengan menggunakan pihak ketiga dengan bantuan aplikasi Driver Samsung Kies. Anda tinggal menginstal software tersebut pada komputer yang anda gunakan. Setelah diinstal anda tinggal menjalankan aplikasi tersebut dan akan muncul sebuah pemberitahuan apabila anda update fireware terbaru pada sebuah perangkat seluler anda.

Cara upgrade dengan cara ini sangatlah mudah anda tinggal mengikuti instruksi pada perangkat Kies yang anda instal maka secara otomatis handphone anda akan merestart sendiri. Software Kies miliki Samsung tidak mendukung perangkat Linux jadi anda harus menggunakan Mac ataupun komputer berbasis Windows yang memiliki spesifikasi mimimum Ram 1GB dan processor Core 2 Duo tentunya.

3. Mengunjungi Service Center


Cara upgrade OS Android Samsung yang terakhir yaitu dengan mengunjungi service center dan cara ini paling mudah karena anda tinggal datang ke service center dan memberitahu kepada mereka bahwa anda ingin mengupgrade os android anda. Samsung memang memiliki layanan yang baik dan merata diseluruh Indonesia, itulah sebabnya harga handphone Samsung dibandrol dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan jika dibanding dengan merk ponsel lain

Yang perlu anda ketahui bahwa ketiga cara Upgrade sistem operasi Android Samsung di atas bisa dengan mudah anda lakukan sendiri, namun perlu anda ingat tidak semua Smartphone Samsung mendapatkan Upgrade OS Android, terutama HP Samsung yang dibanderol dengan harga murah. 
Demikian tutorial Cara Upgrade Android Samsung, semoga bisa menjadi referensi bagi anda pemilik handphone Samsung untuk melakukan upgrade pada ponsel anda sekian dan terimakasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa pada artikel saya yang lainnya.

1 Response to "Cara Upgrade Android Samsung"