Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Assalamu Alaikum sahabat blogger kali ini saya mencoba membagikan artikel mengenai cara menghapus aplikasi bawaan android. Android merupakan salah satu smartphone yang paling banyak digunakan bukan hanya untuk di wilayah indonesia tetapi mencakup seluruh dunia baik itu kawasan asia, asean eropa maupun wilayah amerika. 

Di Indonesia sendiri android sangat banyak yang gunakan baik itu untuk kelas menengah, bawah maupun pada kelas kelas elit atau kelas atas. Android juga merupakan sangat banyak peminat nya mulai dari kanak – kanak yang telah mengenal dunia gadget, remaja, dewasa bahkan tidak sedikit kaum orang tua pun menggunkan hanphone berbasis smartphone android ini dengan berbagia alasan seperti tidak mau ketinggalan zaman dan ada juga yang memanfaatkan teknologi smarphone android ini sebagai sarana pekerjaan.

Android memang merupakan smartphone yang kaya akan berbagai macam aplikasi didalamnya dan boleh dibilang juga bahwa android merupakan jelmaan dari komputer atau pc namun lebih bersifat mini, mengapa demikian karena hampir semua aplikasi yang ada pc / laptop dapat dijalankan pada adnroid, contoh nya saja beberapa aplikasi penting yang ada pada sebuah laptop atau pc dapat dijlankan di smartphone yang berbasis android yaitu microsoft office, adobe reader (pdf), pemutar video seperti VLC dan masih banyak lagi dan semua itu tersedia pada android juga. 

Namun pada kesempatan kali ini saya tidak membahas mengenai aplikasi apa saja yang ada pada pc dan tersedia di android tetapi membahas mengenai cara menghapus aplikasi bawaan android. Android memang sudah dianggap sempurna dengan penyimpanan data yang cukup besar disetiap memory internal nya namun sering kali aplikasi bawaan produk dari android tidak digunakan dan hal itu hanya akan memakan ruang penyimpanan memory internal yang menyebabkan lag atua melambatnya android kita. Maka dari kasus itulah saya mencoba membahas bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan android. 

Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita bahas caranya. Cara untuk menghapus aplikasi bawaan android itu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara root dan tanpa root adapaun langkah nya yaitu sebagai berikut :

1. CARA MENGHAPUS APLIKASI BAWAAN ANDROID TANPA ROOT


Adapun langkah - langkah yang harus anda lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan android tanpa root yaitu sebagai berikut :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu silahkan masuk pada menu pengarutan atau setting yang terdapat pada menu android anda yang mempunyai icon tang dan roda gir.
  2. Langkah selanjutnya silahkan pilih aplikasi
  3. Setelah anda memilih aplikasi langkah selanjutnya silahkan pilih manajer aplikasi untuk mengatur aplikasi mana saja yang akan anda hapus / non aktifkan
  4. Setelah tampil semua aplikasi yang ada pada android anda baik itu bawaan dari pabrik maupun hasil download anda selanjutnya silahkan anda pilih aplikasi bawaan android mana yang akan anda hapus / non aktifkan 

    Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android
  5. Setelah tampil selanjutnya silahkan pilih NONAKTIFKAN, maka secara otomatis aplikasi bawaan android yang telah anda nonaktifkan tadi sudah tidak dapat digunakan lagi.


Perlu anda ketahui bahwa hal ini hanya bersifat sementara walaupun aplikasi tersebut sudah tidak memakan ruang penyimpanan dan sudah tidak tampil pada menu hanphone anda namun aplikasi tersebut belum sepenuhnya terhapus untuk menghapus secara permanen silahkan anda root hanphone android anda, dan setelah di root silahkan ikuti langkah berikut untuk menghapus secara keselurhan aplikasi bawaan android anda.


2. CARA MENGHAPUS APLIKASI BAWAN ANDROID DENGAN ROOT


Untuk melakukan penghapusan secara permanen aplikasi bawaan andorid maka anda harus melakukan rooting ponsel terlebih dahulu dan jika sudah di root maka langkah langkah yang harus anda lakukan untuk menghapus nya yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama System App Remover. Dan adapun cara menggunakan aplikasi ini yaitu sebagai berikut :

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android
  • Langkah pertama yaitu menjalankan aplikasi system app remover terlebih dahulu kemudian 
  • Pilih aplikasi bawaan Android yang ingin anda hapus. Uniknya dari aplikasi ini kamu bisa ceklist berbagai macam aplikasi bawaan ingin dihapus. Jika sudah memilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus, klik tombol Uninstall.
  • Saat muncul sebuah pop-up baru, klik Yes. Lalu tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Dan lihat hasilnya aplikasi bawaan android anda telah terhapus sepenuhnya dan dengan demikian maka aplikasi tersebut sudah bukan dalam keadaan nonaktifkan tetapi sudah terhapus permanen.

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara menghapus aplikasi bawaan android semoga dapat memberi manfaat bagi teman-teman sekalian khusunya bagi anda yang ingin melakukan penghapusan aplikasi bawaan pada android anda, dan jangan lupa memberikan komentar serta bagikan artikel saya ini cukup sekian dan terimakasih telah membacanya dan sampai jumpa pada artikel saya yang lain, TERIMKASIH. 

0 Response to "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android"

Post a Comment